Recent Posts

Monday, August 8, 2011

SALAH TULIS BISA MERUBAH MAKNA

by Yoga Pitung Trengginas on Monday, August 8, 2011 at 6:06am
Assalaamu'alaikum...

{^_^} WARNING,hayooohhhh dalam hal tulis menulis! ! ! Kesalahan penulisan "AAMIIN" yang sering terjadi------------> diantara na ada yg menulis : "AMIN", "AMIIN", "AAMIN", "AAMIIN",bahkan tidak jarang juga ada yang menulis "AMIEN". Seperti qt ketahui,lapa...dz AAMIIN d'ucapkan d'luar dan d'dalam shalat,AAMIIN juga d'ucapkan oleh orang yg mendengar do'a orang lain. . . ***Dalam Bahasa Arab,ada 4 perbedaan kata "AMIN" yaitu :

1.AAMIIN (Alif dan mim sama" panjang).arti na~~>"Yaa ALLAH,kabulkan do'a kami".
"AAMIIN" termasuk Isim Fi'il Amr yaitu Isim yang mengandung pekerjaan.maka,para Ulama Jumhur mengartikan dengan "ALLAAHUMMA ISTAJIB(Yaa ALLAH,Ijabahlah). . . Maka,inilah yang paling kuat dibanding ma'na lain" na seperti bahwa "AAMIIN" adalah salah satu Nama dari Asma ALLAH.

2..AMIN (Alif dan mim sama" pendek) arti na~~>"AMAN,TENTRAM". Ini bukan Isim Fi'il.tapi,Fi'il yang ikut dalam Fi'il Tsulatsi Mujarod ikut wazan "FA'ALA YAF'ALU".

3.AAMIN (alif panjang dan mim pendek)arti na~~>MEMINTA PERLINDUNGAN KEAMANAN. Ini juga bukan Isim fi'il. Tapi,Fi'il yang masuk dalam bab fi'il Tsulatsi mazid ikut wazan "AF'ALA YUF'ILU".

4.AMIIN (alif pendek dan mim panjang) arti na~~> JUJUR TERPERCAYA. Ini termasuk Isim Faa'il yang ikut wazan "FA'ILUN" #selengkap na bisa d'liad dlm Al Amtsilatut tashrifiyyah" Teruuuuuussssss,bagaiman dgn pengucapan/pengungkapan "AMIEN"? ? Sebisa mungkin untuk yang satu ini "AMIEN" DIHINDARI! ! ! Karena ucapan "AMIEN" yang lazim dilafadzkan oleh penyembah berhala(Paganisme)setelah do'a ini sesungguh na berasal dari nama s'orang Dewa Matahari Mesir kono ~~>AMIN--RA atau orang barat mah menyebut na AMUN--RA ------------------------------------------->

Hindari ugha dalam penulisan "ASS", "ASKUM", "MOHD", "MOSQUE", "4JJ1",dan "MECCA" bagi Ikhwan yg masih suka menggunakan kata: ***ASS,ASKUM dlm pengucapan salam. . .
***MOHD untuk Panggilan Nabi Muhammad. . .
***4JJ1 untuk panggilan ALLAH. . . ***MECCA untuk sebutan Mekah. Yuuukkk ahh Marrrri i i i i,qt mulai gunakan ssuai aturan na! ! Jika qt s'orang muslim or Muslimah,alangkah baik na meng'INDAH kan hal yang mungkin qt anggap KECIL tapi BESAR ma'na dan pengaruh na. . . ~~>jangan menulis "ASS atau ASKUM"! Tetapi,"Assalaamu'alaikum" afwan,ralatt na. .

. ASS artina ==>PANTATmu ASKUM artina ==>CELAKALAH KAMU. ~~>jangan menulis MOHD! Tapi,"Muhammad" karena "Mohd" ntu artina ==>ANJING BERMULUT BESAR. ~~>jangan menulis MOSQUE! Tapi "Masjid" karena organisasi Islam menemukan bahwa mafhum na "Mosque" ntu artina ==>NYAMUK. ~~>
jangan menulis 4JJ1! Tapi,"ALLAH". karena 4JJ1 artina ==>FOR JUDAS JESUS ISA AL MASIH. ~~>jangan menulis MECCA! Tapi,"Mekah" karena Mecca artina ==>RUMAH ANGGUR/BIR. **************************************

NB: "AAMIIN" yang termasuk ISIM FI'IL disini bisa dibaca dlm 4 baca an:
1.AAMIIN dengan dibaca mad&takhfiif mim.
2.AMIN dengan dibaca Qosh.
3.AAMEEN dengan dibaca imalah serta dibaca mad(Imam Waahidi menceritakan dr imam Hamzah&Kisaa'ii) 4.AAMMIIN dibaca dengan Tasydid mim serta dibaca mad. Tapi,untuk
no.4,termasuk jarang bgt! Kebanyakan ahli lughot menyatakan lahn.sebagaimana jm'ah dari Ashaabina berkata "orang yg mengucapkan AAMMIIN dlm shalat,bisa membatalkan shalat. #selengkap na liad di At Tibyan hal 105.karya Abii Zakari ay Yahya bin Syarifuddiin an Nawawii AssSyafi'ii. Wallaahu a'lam Bisshawwaab. . .

Semoga bermanfaat... :)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More